Perkembangan penggunaan teknologi elektronika dan instrumentasi di industri yang pesat berimplikasi pada meningkatnya permintaan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang tersebut. Kurikulum 2015 Program Studi DIV Elektronika Instrumentasi STTN disusun untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan sumber daya manusia yang kompeten dalam hal aplikasi dan rekayasa teknologi elektronika instrumentasi, khususnya pada bidang nuklir. Kurikulum 2015 Program Studi DIV Elektronika Instrumentasi disusun dengan mengacu pada Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Renstra BATAN dan STTN tahun 2015-2019, kurikulum program studi serumpun di perguruan tinggi lain dan juga mendasarkan pada profil lulusan Program Studi DIV Elektronika Instrumentasi.

Visi Program Studi Elektronika Instrumentasi:

Menjadi program studi yang unggul di tingkat regional dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan dan penerapan iptek elektronika dan instrumentasi di bidang nuklir, dan menghasilkan lulusan dengan moral yang baik dan kompeten serta mampu berperan aktif dalam percepatan kesejahteraan berlandaskan ketakwaan dan kemandirian.

Misi Program Studi Elektronika Instrumentasi:

Program Studi Elekronika Instrumentasi melaksanakan misi :

  1. Mengoptimalkan metode Student-Centered Learning (SCL) sebagai konsep kegiatan belajar-mengajar di Program Studi Elektronika Instrumentasi.
  2. Meningkatkan kapasitas dosen melalui kegiatan pelatihan bidang instrumentasi reaktor (RDE), irradiator, instrumentasi medik, dan otomasi industri.
  3. Menumbuhkembangkan kelompok penelitian bidang instrumentasi reaktor, irradiator, instrumentasi medik, dan otomasi industri (robotika).
  4. Meningkatkan peranan dalam pemanfaatan iptek nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Melakukan pembinaan etika dan moral bagi sivitas akademika

Tujuan Prodi Elektronika Instrumentasi:

Program Studi Elektronika dan Instrumentasi memiliki tujuan menyiapkan lulusan dengan kemampuan teknis dan manajerial yang diperlukan dalam bidang kerja perancangan, aplikasi, operasi dan atau perawatan sistem elektronika dan instrumentasi, serta bidang pengukuran, perancangan sistem kendali, robotika dan teknologi rekayasa. Lulusan memiliki kompetensi yang kuat dalam pengembangan dan penerapan sistem elektronik dan instrumentasi, khususnya pada bidang teknologi nuklir.

Sasaran Prodi Elektronika Instrumentasi

  1. Terwujudnya kegiatan belajar mengajar dengan konsep SCL.
  2. Tercapainya kompetensi mahasiswa sesuai dengan target profil ditetapkan.
  3. Tercapainya lulusan yang dapat berkarya sesuai dengan bidang kompetensi program studi elektronika dan instrumentasi.
  4. Tercapainya reputasi regional, khususnya dalam hal penyelenggaraan pendidikan dan penelitian bidang teknologi nuklir.
  5. Tercapainya jejaring kerja sama dengan stakeholders, baik lingkup nasional atau regional.
  6. Tercapainya sistem manajemen mutu program studi.

Profil Lulusan

Lapangan kerja lulusan Program Studi DIV Elektronika Instrumentasi STTN cukup luas, yaitu meliputi bidang kerja radiasi dan non-radiasi, baik di lembaga litbang, seperti BATAN, LIPI, BPPT, BAPETEN, maupun di industri, seperti industri minyak (PERTAMINA), industri pengolahan bahan kimia, industri pengolahan makanan, industri energi (Indonesia Power), industri manufaktur, dan lain sebagainya. Profil lulusan Program Studi DIV Elektronika Instrumentasi Jurusan Teknofisika Nuklir, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, meliputi sebagai:

  1. Perekayasa instrumentasi & kendali (instrumentation & control engineer),
  2. Pengawas perawatan/pemeliharaan (Maintenance supervisor),
  3. Quality assurance/control (QA/QC) inspector/supervisor,
  4. IT analyst & programmer, dan
  5. Petugas Keselamatan dan Proteksi Radiasi.