«

»

Kuliah Umum Prodi Elins tentang Aplikasi DCS, IoT, dan Industrial 4.0

Pada hari Jum’at, 2 Maret 2018, Program Studi Elektronika Instrumentasi (Elins) mengadakan acara kuliah umum yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Program Studi Elins dengan narasumber dari PT. Yokogawa. Kuliah umum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa akan implementasi sistem kontrol di dunia industri, dan diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami cara mengoperasikan sistem kontrol serta menjadi tambahan ilmu pengetahuan.

Kuliah umum terdiri dari 2 sesi yaitu sesi pertama bertajuk DCS Application and PID Tuning Optimization dengan narasumber Sonny Prijantono, S.T, sedangkan sesi kedua bertajuk Industrial 4.0 and Industrial IoT Technology dengan narasumber Handri Santoso, Ph.D. Acara dibuka oleh Dr. Muhtadan, M. Eng selaku Ketua Jurusan Teknofisika Nuklir.

Sonny Prijantono, S.T dalam presentasinya menjelaskan tentang pengertian Distributed Control System (DCS), Struktur alat DCS beserta perangkat-perangkatnya sekaligus menjelaskan aplikasi dari DCS beserta sistem kontrol baik itu PID Tuning itu sendiri maupun sistem kontrol lainnya yang digunakan untuk pengoperasian DCS. Secara umum, DCS merupakan suatu sistem yang biasa digunakan untuk sistem kontrol di dunia industri secara otomatis. Sesi ini lebih menekankan pada penerapan kegunaan DCS sebagai kontrol industri secara otomatis.

Handri Santoso, Ph.D menjelaskan prinsip kerja dan aplikasi dari IoT (Internet of Thing), dimana IoT itu sendiri menggunakan internet sebagai sistem kontrol untuk segala alat. Hal ini sebagai implementasi untuk masa depan dimana semua pengoperasian alat dan barang dapat dioperasikan dengan basis internet. Kuliah Umum diakhiri dengan sesi tanya jawab mahasiswa dengan narasumber dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (dns)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Enjoy this blog? Please spread the word :)