«

»

Peningkatan kompetensi dosen JTFN dalam penggunaan sistem DCS Centum VP

Aplikasi proses di industri tidak lepas dari sistem akuisisi dan kendali terdistribusi sebagai sistem utamanya. Terkait sistem akuisisi dan kendali industri, Yokogawa merupakan salah satu vendor sistem kendali terdistribusi atau distributed control system (DCS) untuk aplikasi industri. Yokogawa mengusung produk DCS Centum VP merupakan produk unggulan dalam pengendalian sistem secara terdistribusi. Berbagai industri besar di Indonesia maupun di dunia telah banyak menggunakan produk DCS Yokogawa ini. Jurusan TFN STTN-BATAN dengan prodi DIV Elektronika Instrumentasi dan prodi DIV Elektro Mekanika memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai supervisor perekayasa di bidang industri, sehingga setiap lulusannya dituntut untuk memiliki kompetensi dalam bidang sistem kendali terdistribusi. Upaya itu ditunjang dengan dilaksanakannya pengadaan peralatan berupa mini-plant DCS Centum VP di laboratorium DCS JTFN.

Dalam rangka pemenuhan SDM dosen untuk pemanfaatan peralatan DCS tersebut, 5 orang dosen JTFN yaitu Ir. Djiwo Harsono, M.Eng., Ir. Aliq, Ph.D, Dr. Sutanto, Dr. Muhtadan, dan Adi Abimanyu, M.Eng. mengikuti pelatihan DCS Centum VP di Jakarta yang diselenggarakan oleh PT Yokogawa Indonesia. Pelatihan  dilaksaanakan selama 4 hari full day dari tanggal 23-26 Oktober 2017 di Fave Hotel Kemang Jakarta Selatan. Terdapat dua materi utama pada pelatihan tersebut yaitu pertama tentang field transmitter dan kedua tentang Fundamental of DCS Centum VP. Materi field transmitter diberikan di dua hari pertama, dimana dosen JTFN diberikan pelatihan tentang berbagai jenis field transmitter antara lain temperatur, pressure, level, dan flow transmitter serta pelatihan tentang cara mengkonfigurasi, mengkalibrasi, dan melakukan perawatan dari field transmitter tersebut. Pada dua hari kedua, materi Fundamental DCS Centum VP berisi tentang arsitektur DCS, serta konfigurasi dan pemrograman DCS Centum VP untuk kasus pengendalian flow, temperatur, dan level.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatakan komptensi dosen di JTFN khususnya terkait sistem akuisisi data dan sistem kendali  industri. Kedepan mahasiswa JTFN akan mendapat materi praktikum DCS Centum VP yang diaplikasikan pada miniplant untuk menambah pengetahuan dan skill dalam bidang otomasi industri dan mekatronika. (Dnz)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Enjoy this blog? Please spread the word :)