«

»

Sharing Knowledge Tugas Akhir mahasiswa prodi Elins

Yogyakarta, 3 Mei 2017. Bertempat di Auditorium STTN, pada hari Rabu, 3 Mei 2017 prodi Elins menyelenggarakan kegiatan sharing knowledge terkait penelitian tugas akhir dengan topik reaktor Kartini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pelaksanaan tugas akhir oleh mahasiswa tingkat akhir kepada seluruh mahasiswa prodi Elins di tingkat bawah, sehingga diharapkan terdapat estafet peminatan studi serta topik penelitian yang sama. Bertindak selaku moderator, ketua prodi Elins yaitu Dr. Sutanto membuka acara serta menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini. Adapun mahasiswa yang mempresentasikan tugas akhirnya adalah M. Septyawan Aulia, Shinta Uri El Hakim, Garin Surya Anggara, dan Ardina Mei Devinta. Keempat mahasiswa tersebut mengambil topik penelitian tugas akhir terkait reaktor Kartini Yogyakarta.

Salah satu mahasiswa presenter, M. Septyawan Aulia, menyampaikan terkait pembuatan akuisisi data parameter Reaktor Kartini untuk pengembangan Internet Reaktor Laboratory. Saat ini kondisi sistem instrumentasi dan kendali (I&K) reaktor Kartini sudah mengalami penuaan serta kinerja yang menurun, sehingga TA yang dikerjakan ini bertujuan untuk mengembangakan sistem akuisisi sebagai pendukung I&K reaktor Kartini menggunakan NI Compact RIO serta aplikasi berbasis LabView.

Ardina dan Uri El menyampaikan presentasi TA nya tentang pengkodean model kinematika reaktor Kartini. Penelitian ini melibatkan pembimbing dari staf peneliti Batan yaitu prof. Syarip untuk pelaksanaannya. Sedangkan Garin menyampaikan presentasi penelitian TA tentang pemodelan berbasis jaringan syaraf tiruan untuk menghasilkan model reaktifitas dopler dalam rangka untuk memubuat simulator hybrid reaktor HTR dengan data dari Reaktor Kartini.

Seluruh mahasiswa peserta yang hadir mengikuti acara ini menyimak dengan penuh antusias dan rasa ingin tahu. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, memang tidak banyak mahasiswa yang menanyakan secara teknis tentang topik TA yang dilakukan. Pertanyaan lebih banyak terkait motivasi apa yang dimunculkan untuk peminatan topik reaktor, serta apa yang dapat dilanjutkan oleh mahasiswa tingkat bawah untuk melanjutkan penelitian TA dengan topik yang disampaikan.

Kegiatan ini ditutup oleh Dr. Muhtadan selaku dosen di prodi Elins dengan menyampaikan motivasi terkait pelaksanaan TA, sehingga diharapkan mahasiswa yang hadir memiliki gambaran tentang potensi penelitian dengan topik reaktor Kartini. Kedepan, akan diselenggarakan juga kegiatan serupa dengan topik yang berbeda seperti Robotika, Komputasi, NDT, serta aplikasi medis dan industri. (tdn).

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Enjoy this blog? Please spread the word :)