«

»

Prospek SDM Instrumentasi Nuklir pada Bidang Medik

(Yogyakarta, 22 April 2017). Program Studi Elektronika Instrumentasi (prodi Elins) STTN-BATAN bertujuan mencetak SDM bidang elektronika instrumentasi nuklir tidak hanya sebatas untuk kebutuhan di industri. Namun profil lulusan prodi Elins memiliki prospek yang sangat luas untuk mengimplementasikan ilmunya dalam bidang medik. “Anda selaku engineer tidak perlu menciptakan alat yang akan mengobati pasien secara otomatis, karena itu bukan ranah Anda. Namun bantu kami para dokter dengan membuat alat untuk menentukan dengan tepat dimana posisi penyebab penyakit untuk selanjutnya memudahkan kami dalam menangani penyakit tersebut”, demikian salah satu pernyataan yang disampaikan oleh Dr. dr. Basuki Hidayat, Sp.KN selaku narasumber dalam kegiatan Kuliah Umum bagi mahasiswa prodi Elins STTN-BATAN pada tanggal 22 April 2017.
Didalam pemaparannya, dosen sekaligus dokter spesialis kedokteran nuklir di Departemen Ilmu Kedokteran Nuklir dan Pencitraan Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin tersebut menyampaikan bahwa kebutuhan teknisi instrumentasi medik di Indonesia sangat besar. Demikian pula dengan tantangannya di kedokteran nuklir, sebagai perekayasa instrumentasi medik yang dituntut untuk dapat mengembangkan perangkat instrumentasi nuklir untuk diagnosis molekuler serta terapi berbasis radiasi/isotop. Mahasiswa pada kegiatan ini mendapatkan informasi serta wacana kedepan bahwa sebagai calon lulusan prodi Elins memiliki peluang besar untuk berkiprah di bidang medik.
Kuliah umum diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab, dimana antusiasme mahasiswa sangat besar yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan kritis dari mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan motivasi mahasiswa, serta mendorong dalam mengembangakan kompetensi elektronika instrumentasi nuklir di dalam bidang medik. (tdn).

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Enjoy this blog? Please spread the word :)