«

»

FGD dan workshop kurikulum minat studi Instrumentasi Medik Prodi Elins STTN-BATAN

(Yogyakarta, 22/4/2017). Dalam rangka pengembangan kurikulum khususnya terkait minat studi Instrumentasi Medis, maka program studi Elektronika Instrumentasi (prodi Elins) STTN-BATAN menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) serta workshop kurikulum minat studi Instrumentasi Medis pada tanggal 22 April 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dalam kegiatan pengembangan kurikulum di prodi Elins.  FGD dan workshop diikuti oleh seluruh dosen dari prodi Elins dan dilaksanakan dengan mengundang dua narasumber yaitu Dr. dr. Basuki Hidayat, Sp.KN dan Rini Shintawati, S.Si., M.Sc. SpIKN yang keduanya dari Departemen Ilmu Kedokteran Nuklir dan Pencitraan Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin.

Acara dimulai dengan penyampaian tentang profil prodi Elins oleh kaprodi Elins Dr. Sutanto serta proses pengembangan kurikulum prodi Elins. Pada pemaparan materi utama, Dr. dr Basuki Hidayat, Sp.KN menyampaikan tentang prospek SDM instrumentasi nuklir pada bidang medik. Diawali dengan menguraikan berbagai bidang kerja medis yang telah melibatkan berbagai perangkat instrumentasi untuk membantu pemeriksaan in-vitro dan in-vivo, kemudian menjelaskan posisi seorang instrumentasi medis dalam keterlibatannya pada proses diagnostik. Berdasarkan  Kepmenkes 371/2007 dan Kepmenkes 008/2009 cabang teknik biomedik telah diatur yaitu teknik elektromedik secara umum, dan pada pelayanan kedokteran nuklir dilakukan oleh teknisi elektromedik dan Fisikawan medik. Seluruh profil tersebut dapat berasal dari fisika medik maupun berdasarkan dari rumpun ilmu teknik. Dengan demikian pembelajarn di prodi Elins memiliki potensi untuk mengimplementasikan profil lulusan kedalam bidang insrumentasi medis. Sesi narasumber selanjutnya adalah pemaparan dari ibu Rini Shintawati, S.Si., M.Sc. SpIKN dengan topik berupa kegiatan teknis instrumentasi medik di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Pada pemaparannya banyak disampaikan tentang bagaimana pelaksanaan teknis seorang teknisi instrumentasi medis, peran serta fungsinya dalam mendukung proses bidang medik.

Kegiatan ini menghasilkan alur penentuan kurikulum pada peminatan instumentasi medik di prodi Elins, serta adanya narasumber tersebut juga mampu memberikan informasi penting terkait capaian pembelajaran yang mendukung minat studi instrumentasi medik. Termasuk pula tentang recana capaian pembelajaran untuk mendukung minat studi instrumentasi medik. Selain hal tersebut, kegiatan ini juga menghasilkan informasi tentang fasilitas pendukung instrumentasi medik yang meliputi peralatan berbasis radiasi maupun non radiasi. Dengan demikian kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta diharapkan penyelenggaraan minat studi instrumentasi medik di prodi Elins mampu mengasilkan lulusan yang kompeten serta dapat memenuhi kebutuhan SDM instrumentasi medik di Indonesia. (tdn)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Enjoy this blog? Please spread the word :)